Malam

Malam itu kami bertemu. Begitu juga dengan mata kami. Pertemuan disinari temarau lampu yang cukup menembakkan bayangan ke setiap dinding, dinding usang yang memiliki banyak bercak kotor di setiap lapisan cat yang sudah mengelupas. Udara disesaki asap rokok pada saat itu. Gelas bergelatakkan di atas meja ditinggalkan oleh para pemakai mereka. Suara ribut air mengalir dari keran yang dibuka. Suara lain berasal dari es yang bertumbuk dengan dinding dalam shaker. Saat itu pandanganku tetap melekat pada matanya yang bulat dan bersinar. Tertuju ke sana sambil sesekali teralihkan oleh sautan hampa dari alat komunikasi. Tak ada, tak ada di sana sebenarnya yang menyahutku. Mereka yang lain saling sibuk berinteraksi, sementara aku hanya sibuk melihat matanya. Sampai satu saat dia menatapku kembali, belum dalam, masih di permukaan.

“Bagaimana kuliah?”, Tanyaku.

Ya begitu saja, capek.” Jawabnya.

Perlahan dia mulai menceritakan berbagai hal padaku sambil sesekali tersenyum. Bukan, bukan hanya raut muka ceria yang dia tampilkan, juga raut cemberut ikut menyertai.

“Iyah, pada ngomong aku ini apalah. Ya Tuhan…sabar”, ceritanya.

Semua cerita yang disampaikan olehnya membuatku terdiam mendengarkan, menempatkan perhatian pada tingkat paling serius yang pernah aku capai. Tanganku terlipat sempurna menumpu kepalaku yang sedang condong ke arahnya. Perlahan ku tarik dia untuk duduk di sebelahku. Kami pun besisian, semakin dekat.

“Ga bosen di situ? Sini atuh, kasian kamu sendirian”, ajakku.

“Euhm”, jawabnya, diikuti langkah kaki gontai ke arahku dan pada akhirnya duduk di sebelahku. Ceritanya mulai beragam, mulai menyebalkan sampai ke hal yang menyenangkan. Ditekuknya raut wajahnya saat bercerita kemudian menggiring ke senyumnya yang membuatku lupa sejenak akan bertambahnya jam yang aku habiskan di dalam ruangan tersebut. Malam itu aku bukan diriku. Saya menikmati waktu denganmu. Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s